Home » » Tips Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas

Posted by HAWTU-MUSIC on Senin, 04 Desember 2017


Tips Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas - Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan.

Sebaga konsumen yang cerdas, kita harus tau cara memilih gitar yang bagus dan berkualitas.Sebagai seorang pemula pasti bingung menentukan pilihan untuk memilih gitar yang baik, jadi tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips di bawah ini :

1. Bahan Dan Body Gitar

Setiap gitar akustik mempunyai proyeksi suara dan tonasi yang berbeda-beda, tergantung berapa ukuran gitar tersebut. Gitar akustik terbagi atas beberapa ukuran, mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Untuk ukuran body gitar, sesuai dengan selera masing-masing. Pada gitar akustik juga ada yang terdapat cutaway dan tidak. Cutaway sendiri adalah adalah lekukan / potongan yang terletak antara bodi dan leher gitar, biasanya berbentuk cekung. Tujuan adanya cutaway selain untuk mempercantik tampilan gitar, juga mempermudah gitaris untuk memainkan nada tinggi karena dapat menjangkau fret tinggi. Namun ada juga yang mengatakan bahwa gitar akustik tanpa cutaway mempunyai suara yang lebih bagus. Ada tiga macam konstruksi bidy gitar, antara lain all laminated (berbahan triplek), laminated with solid top (berbahan kayu dan triplek), dan all solid (berbahan full kayu). Nah untuk kualitas yang bagus pastinya anda harus memilih yang berbahan full kayu, karena suaranya akan lebih bagus dan lebih berat .


2. Cari Yang fretnya Banyak

Biasanya fret gitar akustik ada 17, 19, dan 20. Nah saat membeli gitar usahakan yang fretnya sampai 20 atau 22. Ini bertujuan agar saat sobat bermain gitar bisa mencapai ke nada tertinggi.


3. Neck Gitar

Neck atau leher pada gitar adalah bagian yang memanjang dan lurus yang terdapat fret-fret. Nah untuk memilih gitar berkualitas bagus anda sebaiknya memilih neck gitar yang lurus dan tidak mudah bengkok. Neck yang bagus adalah neck yang lurus dan terdapat besi penyangga di dalamnya agar tidak mudah bengkok. Besi penyangga leher gitar ini disebut dengan truusord. Untuk kenyamanan anda dalam bermain gitar, usahakan anda memilih ukuran neck gitar yang sesuai dengan genggaman tangan anda.


4.Tuning Peg

Tuning peg adalah alat yang berfungsi untuk menyetel atau menyetem senar gitar. Dalam pemilihan tuning peg ini anda harus cermat, terutama dalam akurasi dan fungsi tuning peg itu sendiri. Tuning peg yang tidak bagus biasanya tidak akurat menyetem senar, maka pilihlah akurasi tuning peg yang bagus. Untuk bahan tuning peg, lebih baik anda memilih tuning peg yang terbuat dari bahan stainless steel agar tidak mudah berkarat dan mengkilap. Untuk variasinya, tergantung pada selera anda masing-masing. Anda bisa mendapatkannya di toko gitar terpercaya.

Thanks for reading & sharing HAWTU-MUSIC

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts