Home » » Cara Menyimpan Project FL Studio Menjadi MP3 / WAV

Cara Menyimpan Project FL Studio Menjadi MP3 / WAV

Posted by HAWTU-MUSIC on Minggu, 24 Desember 2017


Cara Menyimpan Project FL Studio Menjadi MP3 / WAV - Setelah kita selesai membuat berbagai instrumen yang di padukan dengan beberapa sampler di FL Studio , tentunya sebagian orang ingin mempublish hasil karya nya agar di ketahui oleh banyak orang. Sebelum masuk pada topik di atas sebaiknya kita memahami dulu apa itu MP3 dan WAV.

MP3 atau kepanjangan dari MPEG-1 Audio Layer 3 adalah format audio yang mempunyai kualitas yang cukup baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran data dapat memungkinkan menjadi lebih kecil. Data ini dikemukakan oleh Karlheinz Brandenburg yang berasal dari Jerman.

waveform audio format atau yang sering di sebut WAV adalah standar format audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan juga IBM. WAV sendiri adalah bagian dari format bitstream RIFF dan mirip dengan format IFF dan AIFF yang biasa kita gunakan pada komputer Amiga dan Macintosh.

Lalu bagaimana kita menyimpan project FL agar menjadi sebuah format audio seperti ( MP3/WAV )


BACA JUGA : Cara Remix Lagu Menggunakan PC/Laptop

Yang pertama anda perhatikan adalah pastikan “Playback Mode” ada di posisi “song” jika Anda ingin melakukan render atau export lagu dari awal hingga akhir. Jika posisi “Playback mode” berada di “Patttern” bagian Pattern yang saat itu dipilih saja yang akan ter eksekusi menjadi MP3 atau WAV, bukan lagu dari awal hingga akhir. Di bawah ini adalah contoh playback mode berada pada bagian SONG :


Apabila proses playback sudah anda lakukan selanjutnya anda bisa mengeksekusi project anda tadi menjadi sebuah MP3 / WAV . Caranya sangat gampang anda cukup menekan menu " FILE " -> Export -> Pilih Format ( MP3 atau WAV ) seperti gambar di bawah ini :

BACA JUGA : Cara Ampuh Menghilangkan Noise Pada Audio


Setelah anda memilih format yang di inginkan selanjutnya anda akan di arahkan ke bagian directory.
Directory yang di maksud di sini adalah tempat penyimpanan yang anda akan gunakan untuk menyimpan sebuah audio track yang sudah di render tadi (di-export).


Silahkan beri nama file sesuai keinginan anda kemudian tekan " SAVE " setelah itu anda akan di arahkan ke menu seperti gambar di bawah ini 

BACA JUGA : Genre Musik Yang Ada Di Seluruh Dunia


Apabila anda masih belum paham , silahkan ikuti settingan pada gambar di atas , semakin besar bitrate yang anda pilih semakin bagus hasil output yang di hasilkan.
Bitrate adalah istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan jumlah data yang diolah dalam jumlah waktu yang telah di tentukan. Tergantung dari alurnya, pengukuran umum biasanya dari bitrate memakai istilah kilobyte per second atau di sebut (kbps) dan Megabyte per second (Mbps). Apapun output yang tengah diukur, semakin tinggi angka bitrate ini, biasanya menggambarkan kualitas file yang tinggi atau semakin cepat dan bagus.

Setelah Anda selesai memilih bitrate dan format audio yang di inginkan anda bisa menekan tombol Start untuk memulai proses render tersebut , silahkan tunggu proses export hingga selesai ( 100% valid ).

Thanks for reading & sharing HAWTU-MUSIC

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts