Home » » Cara Take Vocal Agar Hasil Nya Tidak Fals

Cara Take Vocal Agar Hasil Nya Tidak Fals

Posted by HAWTU-MUSIC on Senin, 13 Agustus 2018


Cara Take Vocal Agar Hasil Nya Tidak Fals

Cara Take Vocal Agar Hasil Nya Tidak Fals - Saat kita melakukan take vocal / rekaman hasil tersebut tidak langsung bagus. Pastinya ada saja bagian yang fals apalagi bukan penyanyi professional yang belum bisa menempatkan nada vokal pada lagu. Tentunya banyak sekali lose pitch nya. Cara atasi vokal Fals bisa dengan di edit menggunakan software melodyne atau Newtone. Tentunya ini makan waktu banget karena harus edit satu persatu note dengan menempatkan tiap vokal ke nada yang benar. Kalau sudah pernah pake Plugin Celemony melodyne pasti Anda sudah mengetahui hal tersebut . 

Selain untuk edit secara manual plugin auto tune bisa juga digunakan untuk live rekaman yang mana hasil dari rekaman tersebut jadi bagus. Pas sesuai nada lagu yang di inginkan. 

Jadi begitu kita nyanyi langsung pas pitch / nada vokalnya sehingga hasilnya tidak fals. Syaratnya harus tahu range vokal Ente di nada apa. Misalnya dari Do : C maka, saat mulai nyanyi range vokal kita harus di C ( masukkan di nada C ) . Jadi jika ada lose pitch ( keluar dari tune dasar ) plugin auto tune akan otomatis mengedit ke nada yang benar.

Yang canggih dari plugin auto tune ini adalah sinyal suara yang masuk dari mic ke mixer langsung di olah oleh plugin tersebut kemudian baru di rekam.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Project FL Studio Menjadi MP3 / WAV

Proses Cara Live Rekaman Vokal Menggunakan Auto Tune Evo Plugin Di FL Studio :



1. Tambahkan plugin Auto tune evo ke mixer yang berisi edison yang sudah di install sebelumnya

2. Atur nada di kolom Key ( pilih sesuai target nada ) di bagian  sebelah atur ke 20 atau lebih tergantung kebutuhan. Usahakan biarkan dulu di nilai 20. Untuk create vibrato biarkan saja normal, kecuali nantinya jika ingin di otak atik lagi hasil rekamannya.

3. Langsung saja ke edison lakukan proses rekaman seperti biasa. Hasilnya langsung drag saja ke dalam 

Kesimpulan : 

Cara rekaman vokal agar tidak Fals hasilnya dengan autotune plugin ini sebaiknya dilakukan jika memang suara vocalisnya atau Ente sendiri benar - benar suka lepas pitch nya. Kalau vocalis nya sudah profesional Ane pikir tidak perlu banget. Cukup pas mixing vocal nya aja di kasih effect auto tune ini. Sambil otak atik di bagian create vibra. 

Atau bisa juga di edit menggunakan Melodyne secara manual jika ingin perbaiki vokal yang fals.

Thanks for reading & sharing HAWTU-MUSIC

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts