Home » » Cara Melatih Vocal Agar Suara Merdu

Cara Melatih Vocal Agar Suara Merdu

Posted by HAWTU-MUSIC on Senin, 18 Desember 2017


Cara Melatih Vocal Agar Suara Merdu - Setiap orang pastinya memiliki suara yang berbeda-beda. Tidak sedikit orang yang ingin sekali memiliki suara yang merdu dan nyaring terutama yang bercita-cita untuk menjadi seorang penyanyi.Kita dapat melatihan suara kita dengan teknik yang baik dan benar. Sekarang banyak sekali dibuka tempat-tempat kursus atau latihan vokal yang baik. Anda dapat mengikuti salah satunya. Namun, jika Anda malu atau hanya sekedar ingin bisa bernyanyi agar tak memalukan, Anda bisa berlatih sendiri. Kemampuan bernyanyi menurut saya perlu dilatih walaupun dengan otodidak agar ketika ada momen yang mengharuskan kita bernyanyi, kita bisa tampil tanpa harus malu. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih vokal suara agar merdu, setidaknya untuk Anda sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan di rumah :

1.Ketukan suara

Kekuatan suara berhubungan dengan pernafasan, jika pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa Anda lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power vokal Anda.
BACA JUGA : 
2.Teknik pernafasan


Tidak bisa dipungkiri, pernafasan yang baik mutlak diperlukan dalam bernyanyi. Salah satu teknik pernafasan yang paling efektif yaitu teknik pernafasan perut, bukan pernafasan dada. Tanda pernafasan perut yaitu ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan pernafasan dada jika ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada.
3.Pengucapan

Mulailah melatih mengucapkan kata dengan jelas dan benar lanjut sampai mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.


4.Pemanasan

Sebelum melakukan beberapa tips belajar vocal untuk pemula diatas ada baiknya diawali dengan pemanasan standar. Caranya dengan menggerakkan anggota badan mulai dari kepala hingga ujung kaki. Pemanasan ini selain berguna untuk menjaga kondisi tubuh juga mampu membuat tubuh lebih lentur. Pemanasan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan  berolahraga ringan.
Suara akan mengalami masalah apabila tubuh tidak sehat, jadi tips belajar vocal untuk pemula diatas harus dilakukan secara teratur untuk hasil yang optimal. Disamping itu juga harus dibarengi dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat. Untuk hasil yang lebih cepat kurangi makanan dan minuman seperti es, gorengan, junk food, atau segala macam makanan berlemak. Ingat belajar vocal butuh kerja keras dan kesabaran jadi hasilnya tidak bisa terlihat secara instant.

5.Minum ramuan agar suara merdu

Untuk mempermudah Anda dalam mempunyai suara merdu dan nyaring, Anda sebaiknya meminum air putih mineral sebanyak-banyaknya. Karena ini akan sangat membantu Anda dalam memulihkan pita suara Anda. Selain meminum air putih mineral, masih ada beberapa ramuan lain yang bisa Anda minum untuk membuat suara menjadi indah. Konon ramuan ini sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu kala di antaranya :
  1. Lobak
  2. Gula jawa
  3. Jeruk nipis
  4. Jahe
Ya itulah beberapa tips agar dan cara melatih vocal agar suara yang kita keluarkan merdu , semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing HAWTU-MUSIC

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts